Fitur Voice Messaging Telah Hadir di Whatsapp

Seperti yang sudah pernah diungkap oleh beberapa website bahwa Whatsapp Inc akan membuat sebuah fitur baru, dan sekarang akhirnya pihak pengembang Whatsapp sudah memberikannya kepada pengguna Whatsapp, fitur tersebut adalah Voice Messaging atau disebut Pesan Suara. Berikut ini definisinya yang saya ambil dari whatsapp.com

What is voice messaging?
Voice Messaging is a very powerful way of communicating with your friends and family. We made an effort to build a user experience across all of our platforms that is as similar as possible, but we encourage you also to spend time reading the articles below to better understand how Voice Messaging works on your smartphone.

Terjemahan :
Apa itu pesan suara?
Pesan Suara adalah cara yang sangat ampuh untuk berkomunikasi dengan teman dan keluarga. Kami membuat upaya untuk membangun pengalaman pengguna di semua platform kami yang semirip mungkin, tapi kami mendorong Anda juga menghabiskan waktu membaca artikel di bawah ini untuk lebih memahami bagaimana Pesan Suara bekerja pada smartphone Anda.

Jika anda ingin memperbarui/update whatsapp bisa dengan cara mengunduhnya kembali dari app store atau situs official whatsapp lalu menginstalnya. Di sini saya akan paparkan hasil skrinsut dari smartphone saya yang bersistem operasi Symbian Belle Refresh (FP2 - 1st Generation). Berikut ini hasil demo yang saya buatkan :

Voice Messaging - Whatsapp

Perbedaan antara Send Media(Audio) dengan Voice Messaging adalah, kalau Send Media(Audio) maka suara direkam terlebih dahulu dari aplikasi Sound Recorder di smartphone kemudian dikirim. Tempat penyimpanannya sesuai dengan settingan dari aplikasi sound recorder, begitu juga dengan kualitasnya. Dari segi Media Player pun berbeda, kalau hasil kiriman dengan Send Media(Audio) maka dengan menekan [Download] terlebih dulu lalu tekan tombol [play] lalu akan masuk ke Music Player agar dapat mendengar suara tersebut. Sedangkan Voice Messaging, anda langsung dapat mem-play pada tempat obrolan anda di whatsapp, hasil rekamnya tersimpan pada folder Whatsapp berupa file audio ARM yang berkualitas biasa sehingga kapasitasnya tidak terlalu besar untuk dikirim.

Cara mengirimkan suara pada voice messaging ini cukup dengan menyentuh-tahan pada tombol MIC untuk Send Voice lalu berbicara, dan dilepas jika sudah selesai maka kemudian akan secara otomatis dikirim. Durasi yang disarankan pada Whatsapp adalah lebih dari 1 detik. Kurang dari itu maka aplikasi tidak memungkinkannya untuk dikirim a.k.a dibatalkan.

 

Contact Form

Name

Email *

Message *

Recent Comment

Baca artikel lainnya :

Memuat...