Ubuntu Kini Hadir di Smartphone

Pesaing baru muncul di antara Apple, Google, Nokia dan Blackberry. Tak mau dianggap sebelah mata, pihak Canonical unjuk gigi dengan menghadirkan sistem operasi Ubuntu khusus untuk smartphone yang dinamai Ubuntu Phone OS. Sudah tentu ini menjadi pilihan tambahan untuk produsen ponsel internasional nantinya.

Memang tak terlalu mengejutkan kehadiran Ubuntu di kelas smartphone ini. Menurut pihak Canonical sendiri, Ubuntu memberikan kemampuan yang unik yaitu kemudahan menghubungkan perangkat antara ponsel, komputer ataupun superphone nantinya.

Ubuntu Phone

"Kami berharap Ubuntu akan segera populer di pasaran, yang mana memungkinkan para konsumen untuk memiliki perangkat tunggal yang aman terhubung dengan segala perangkat. Ubuntu selama ini dikenal hanya sebatas sistem operasi Linux yang banyak digunakan di komputer desktop, dengan konsumen dari segala kalangan yang berfokus pada keamanan, sekuritas dan pengelolaan," ungkap Jane Silber, CEO Canonical.

Tak hanya itu, pihak Canonical juga mentargetkan fungsi-fungsi dasar smartphone seperti email, SMS dan Web tersedia di dalamnya. Ubuntu versi Smartphone ini baru memiliki beberapa fitur yang membedakannya dengan sistem operasi Android besutan Google. Perbedaan itu akan Anda temukan dari segi navigasi yang mana disediakan di 4 sisi smartphone Anda, navigasi akan muncul dari masing-masing sisi dengan disentuh menggunakan ibu jari. Selain itu juga memudahkan Anda mencari konten baik di lokal maupun di internet. Perpindahan dari satu aplikasi ke aplikasi lainnya juga lebih cepat. Dengan adanya dukungan HTML5 dan kustomisasi welcome screen siap memanjakan Anda nantinya.

Ubuntu Phone

Canonical juga menawarkan beberapa insentif untuk konsumen smartphone berbasis ubuntu seperti layanan cloud, Ubuntu One yang memungkinkan Anda untuk menaruh file-file lokal di server online, sehingga lebih mudah diakses dari mana saja dan kapan saja. “Kami menyebutnya era baru konvergensi di bidang teknologi, dengan satu sistem terpadu yang mendukung komputasi awan, pusat data, PC dan perangkat elektronik lainnya.” ujar Mark Shuttleworth, founder Ubuntu dan VP Produksi di Canonical.

Ubuntu SDK berbasis QML baru ini menjamin bahwa aplikasi yang dikembangkan untuk Ubuntu akan berjalan baik di PC maupun ponsel. Saat ini memang belum tersedia seri ponsel yang siap dipasarkan berbasis Ubuntu, namun pihak Canonical siap bekerja keras dalam bekerja sama untuk menghadirkan generasi pertama smartphone Ubuntu setidaknya di akhir tahun 2013 ini. Kita tunggu saja.

Lihat juga video official dari channel Ubuntu

 

Contact Form

Name

Email *

Message *

Recent Comment

Baca artikel lainnya :

Memuat...